by

Profile Prananda Prabowo, Sang Calon Kuat Ketua Harian PDIP

Profile Prananda Prabowo, Sang Calon Kuat Ketua Harian PDIPPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah menggelar Kongres ke V di Bali mulai 8-11 Agustus 2019 mendatang. Salah satu yang bakal dibahas dalam kongres kabarnya akan ada posisi ketua harian PDIP.

Kabar yang beredar ada dua calon kuat ketua harian PDIP yaitu, Puan Maharani dan Prananda Prabowo. Namun dari dua nama itu Prananda yang dianggap kandidat paling kuat duduk di kursi ketua harian PDIP. Karena Puan Maharani diprediksi akan menjadi ketua DPR.

Putra Megawati Soekarnoputri

Prananda Prabowo merupakan putra dari Megawati Soekarnoputri dengan suami pertama (Alm) Surindro Supjarso. Prananda lahir pada 23 April 1970.

Prananda atau akrab dipanggil Prana atau Nanan merupakan anak kedua. Kakak pertamanya ialah Mohamad Rizki Pratama. Sementara hubungannya dengan Puan Maharani ialah saudara tiri. Prana ayah dari dua orang anak dari istrinya bernama Nancy Prananda.

Terjun di Politik

Awal Prananda Prabowo dikenal saat Megawati Soekarnoputri mengajaknya pada Kongres III PDIP tahun 2010 di Bali. Pertama kali masuk di PDIP dia ditunjuk sebagai Kepala Ruang Pengendali dan Analisis Situasi (Situation Room) DPP PDI-Perjuangan.

Saat ini, dia dipercaya memimpin sebagai Ketua Bidang Ekonomi Kreatif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2015-2020. Dengan pengalamannya itu, Prana dinilai layak menjadi generasi penerus Megawati memimpin PDIP.

Piawai Bermain Bass

Selain politik, Prananda Prabowo ternyata tertarik di bidang musik. Dia juga pandai memainkan alat musik bass. Gaya bermain bass Prana menirukan Steve Harris, bassis Iron Maiden. Dia pun mengidolakan band Cadas.

Kandidat Kuat Ketua Harian PDIP

Prananda Prabowo disebut-sebut sebagai calon kuat ketua harian PDIP. Dia sudah lama terjun ke politik. Kiprahnya di PDIP tak perlu diragukan. Saat ini, putra Megawati Soekarnoputri itu merupakan Ketua Bidang Ekonomi Kreatif PDIP.

“Tentu saja itu hak prerogatif ketua umum untuk menentukan siapa yang akan menjadi ketua harian, walaupun memang santer terdengar nama Mas Prananda kuat,” kata Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan PDIP Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Jumat (2/8)